REVIEW: Daily Skincare Routine - Acne Prone Blemish

Home Remedies 
Kali ini aku mau review produk skincare yang cocok dan berhasil di kulit setelah berkali-kali mencoba produk ini itu. Disini kulit wajahku cenderung normal kombinasi berminyak dan yang bikin kezel acne prone (begitu pra, pasca menstruasi selalu langganan muncul jerawat dan tentu meninggalkan noda hitam).

Berikut kondisi wajah sebelum perawatan (atas) dan 1 bulan setelah perawatan (bawah), nampak banyak noda jerawat yang scar maupun noda hitam terutama di pipi.

Ribet memang tapi emang harus step by step (satu produk pun tidak akan berkhasiat jika dtidak didukung oleh produk lain) harus rutin, telaten sabar karena segala sesuatu tidak ada yang instant kecuali indomie. Mari kita bahas satu-persatu mulai dari pagi hari bangun tidur sampai malam hari menjelang tidur hehe...

1. Air Teh Hijau Basi
Rp 9.000,-

Agak ngeri bacanya, tapi ini saran dari pengalaman ibuk saat jerawatan dulu. Jadi malam harinya  teh celup yang green tea direndam air panas dalam 1/4 gelas. Teh tubruk lebih bagus sih, cuma aku lebih memilih teh celup supaya serbuk tehnya tidak bikin gatal dan nempel di wajah kan repot juga bersihinnya. Nah saat pagi hari sudah jadi air teh dengan warna lebih pekat lalu dibasuhkan ke wajah begitu pertama kali bangun tidur. Jangan dibilas air yaa... dari air teh tersebut kita diamkan wajah kurang lebih selama 30 menit. Baru setelah itu bisa dibilas dengan air dan facial wash (sekalian mandi). 


Khasiat teh hijau dipercaya dapat membersihkan kulit, menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mengancangkan kulit, dan juga dapat menjadi tabir surya alami yang melindungi kulitmu dari sinar UV sebelum kamu beraktivitas.


2. Facial Wash -The Body Shop Tea Tree Skin Clearing
250 ml Rp 129.000,-
Pembersih wajah dengan tekstur gel aroma tea treenya kuat banget. Mungkin sebagian orang tidak cocok jadi kering memakai FW ini, tapi di wajahku cocok dan keset dan tidak terlalu banyak busa,mampu membersihkan sebum berlebih.Siska membersihkan wajah cukup 2x sehari saat mandi pagi dan sore, karena jika terlalu sering cuci wajah menyebabkan PH dan kandungan minyak alami di wajah terganggu.

3. Toner: BRAGG Organic Apple Cider Vinegar with The Mother

ACV dapat membantu mengembalikan pH normal kulit setelah mencuci wajah, sekaligus mengurangi jerawat dan mengeksfoliasi.Endapan the Mother  ini yang berkhasiat untuk meredakan jerawat.

Toner dibuat dengan perbandingan ACV 1: 3 air, air disini yang kupakai bukan sembarang air minum atau air ledeng namun air suling/ aquades steril (bisa dibeli di apotek kimia farma). Untuk wajah jangan main-main dengan air ledeng karena harus higienis. Misalnya aku bikin toner 100ml, maka campuran 30ml ACV dan 70ml air suling. Saranku sebaiknya sedikit saja buat toner dibawah 100 ml dulu, karena jika kelamaan tercampur dan belum dipakai lebih dari satu bulan, endapannya makin banyak dan kita tidak bisa memprediksi apakah itu masih higienis atau tidak.

 Sayangnya saat pakai toner ini harus tahan dengan bau kecutnya si cuka, kalo aku tahan-tahan aja sih udah biasa nyium bau ginian haha. Setelah dituang ke kapas langsung dioles ke wajah, nah bagian sisi kapas yang belum dioles itu bisa dikompres ke jerawat selama 10 menitan. 

4. Toner: SomeByMe AHA BHA PHA Miracle Toner 


150 ml Rp 180.000,-

 Ini merupakan toner eksfloiasi dengan kandungan 10000 PPM teatree oil, kebayang kan baunya. Tekturnya bening cair dan mudah menyerap. Sama perlakuannya dengan ACV, toner ini dituangkan ke kapas kemudian dioles-oles ke wajah. Dan kita bisa lihat langsung hasilnya, omennnnn sel kulit mati langsung terangkat dan terlihat di kapas, benar-benar bisa membersihkan total apabila masih terdapat kotoran yang belum terangkat oleh facial wash.  Setelah pakai kapas yang baru terus dituang lebih banyak kemudian dikompres ke area jerawat.
Klaim dari produk ini bisa menghilangkan, mengurangi deadskin, flakes skin, noda hitam, noda kemerahan selama 30 hari. Namun yang aku dapat hanya mampu membersihkan deadskin dan flakes skin, untuk noda lumayan berkurang tapi sedikit tidak se"wow" iklannya. Dulu setelah cuci muka dan memakai bedak tabur, ketara banget kulit mengelupasnya, setelah memakai toner ini tidak muncul lagi flakes skin.

5. Essence: Secret Key Rose Galactomyces Starting Treatment Essence

Sampel size 30 ml: Rp 45.000,-

Aku beli sample sizenya karena uji coba kecocokan, dan memang untuk ukuran full size edisi rosegold ini agak susah mencarinya di pasaran. Harganya pun sekarang meroket tidak seperti awal-awal promosi pengenalan Secret Key kala dulu.

Tekstur: cair mirip air biasa, bening dan baunya hampir tidak ada (jika dengan indera penciuman tajam mungkin berasa mawar)
Kandungan galactomyces STE ini 94%, yang merupakan fermentasi ragi berfungsi sebagai barrier kulit, anti aging, anti oxidant.
Mungkin beauty blogger lain menyarankan memakai kapas layaknya toner, cuma aku lebih suka tuang essence ini ke telapak tangan kemudian tepuk-tepuk ke wajah atau menuangkan langsung STE ke wajah baru ditepuk-tepuk.
Hasil: bisa menghidrasi karena tahapan sebelumnya memakai toner acid dan eksfloiasi, dengan STE ini bisa mengembalikan kelembapan alami wajahku. Cukup puas pakai STE ini, namun sayang aku nggak sabar begitu habis untuk mencari kemasan fullsize yang langka, kemudian beralih essence lain.

6. Essence Pengganti: From Nature Age Intense Treatment Essence

340ml Rp 195.000,- (harga promo)

Jujur aku kurang begitu suka dg essence ini, lebih nyaman pake STE secret key. Mungkin karena teksturnya sih cair namun tidak secair air(bahasanya...) agak pekat sedikit namun masih cair.Dan hanya sebagai pelembab saja ,aku tidak merasakan efek lain. Berhubung sudah beli dan kemasannya buanyakkk 340ml ya dilanjutin aja, sebagian aku refill ke spray jadi bisa sekaligus sbg facemist.

 Setelah memakai essence ini aku menunggu hingga benar-benar menyerap sekitar 5 menitan baru melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu serum. 

6. Serum Pagi:Natural Pacific Phyto Niacin
50ml Rp 153.000,-

Akhirnya menemukan serum yg cocok,berguna dan harganya terjangkau. Tadinya sempet galau antara the ordinary 10% atau nacific 5%. Okelah kupilih yg kecil dulu takur kulitku kenapa2. Aku merasakan lumayan perubahan dr serum ini,Dia mampu melembabkan kulit wajah, mencerahkan dan ringan, teksturnya seperti essence cair bening. Jadi kalo dipake seharian tidak membuat berminyak. Serum ini sengaja kupakai pagi hari saja, karena malamnya pakai vit c kan ga bagus kalo niacinamide dan vit c dipakai bersamaan. 

 7. Serum Malam: My Tiam C20 Source 

30 ml Rp 160.000,-

Serum ini punya andil yg cukup besar dalam penyembuhan jerawat maupun nodanya. Kandungannya cukup banyak 20% vit c yg tadinya ragu apakah aman di wajah? Pertama kalj pakai rasanya ceklit ceklit agak gatal,lalu aku coba tahan dan sudah terbiasa tidak perih lagi.
Setelah ku tlateni setiap malam memakai 3 tetes serum di wajah dan 2 tetes di leher(supaya tidak belang). Akhirnya noda jerawatku yg tadinya hitam kecoklatan berangsur menipis sekarang jadi kemerahan dan beberapa ada yg pudar.

Jangan lupa disimpan ke kulkas dan selalu tertutup rapat beserta boxnya(karena di kulkas kan juga ada lampu) jika tidak dusimpan rapat,serum jni akan teroksidasi menjadi kecoklatan dan tidak layak dipakai. Sejauh ini selama 3 bulan aku pakai belum berubah warnanya masih kuning bening.


8. Moisturizer: Cethapil SPF 15
110 ml Ro 170.000,-


Cetaphil sudah dikenal produk aman tanpa paraben, namun entah kenapa lama kelamaan kurang cocok di muka. Teksturnya seperti rich cream, bahkan hanya 1 pump membuat kulit sangat berminyak. Baunya pun mirip bau sunblock,padahal ini produk moisturizer ditambah spf saja. Akhirnya aku jual preloved di shopee setelah itu tidak memakai moisturizer, karena memang kulitku sudah berminyak. 

Moisturizer pengganti: The Saem Aloe Vera Soothing Gel

Sebenernya agak maksa sih pakai aloe vera gel jadiin moisturizer, cuma karena aku nggak suka tekstur moisturizer kebanyakan berupa cream yg lengket,dewy,greasy. The Saem lebih oke daripada natrep karena kandungan alkoholnya lebih sedikit.Asal bikin lembab aja sudah cukup sih, dan aku sukanya cepat menyerap ke kulit.


9.Sunblock: Biore UV AQUA Rich Watery essence Water base SPF50+ PA+++
50 ml Rp 99.000,-



 Sunblock was the most things ever had! Dulu aku belum sadar dan beranggapan pakai sunblock jika main air di pantai. Dengan menggunakan rangkaian skincare di atas otomatis kulitmu akan rentan dan sensitif karena memacu pengurangan pigmentasi. Jadi sejak pakai skincare, aku kurang "bersahabat" dengan matahari, kalo pun terpaksa keluar siang harus wajib memakai sunblock/ sunscreen.
Dengan perlindungan yang cukup lumayan spf 50 banyak yang review bagus ke sunblock ini , dan begitu aku oles suka banget sama teksturnya gel, non greasy, tidak lengket, seperti pakai moisturizer.
 Sebelumnya aku tuang ke tangan dahulu kemudian digosok-gosok telapak tangan baru ditepuk ke wajah. Cara ini supaya menghindari kesan berminyak kayak gorengan. 



Namun begitu lihat di komposisi ingredients ternyata mengandung turunan paraben dan BHT, namun aku sudah jatuh cinta sama teksturnya huhuhu. Okee untuk jangka waktu lama aku akan berhenti memakainya sambil mencari sunblock yang lebih baik ( sebamed baby kali yaa, duh nabung dulu dehh)

10. Cream Jerawat Malam dr Khunadi Semarang 

1pot Rp 75.000,-

Cream tsb hanya kupakai jika ada jerawat sangat membandel besar belum bermata. Dulu pernah mengalami jerawat kantong segede biji jagung selama6 bulan ga sembuh-sembuh. Setelah ke klinik tongfang ehhh salah klinik dr.khunadi, lansgung sembuh dalam 2 minggu. Tadinya si dokter bilang kalo belum sembuh terpaksa tindakan operasi. Duh sempet was was namun Puji Tuhan sudah sembuh berkat cream ini. Dan sekarang jika ada jerawat muncul gede langsung kuoles, beberapa hari pun jerawat lenyap.


Terimakasih sangat bersyukur dari step step skincare tersebut kulitku jadi sehat. Sehat disini aku merasa ringan tidak berminyak ala gorengan, dan aku memberanikan dengan percaya diri ,keseharianku sekarang tanpa make up (tanpa foundation, tanpa concealer, tanpa bedak twc, bahkan tanpa bedak tabur).  Ini yg aku kejar targetku wajah tanpa make up, natural sebagaimana adanya. Paling mentok kalo ada acara cuma pakai lipstik ,eyebrow dan eyeliner.




Teman-temanku pun berkomentar wajahku lebih sehat, lebih cerah. Cerah beda ya sama putih, kalo cerah itu menyerupai warna asli kulit (coba bandingkan wajah dengan daun telinga atau leher kebawah). Meski masih ada noda jerawat yg memang butuh waktu sangat lama untuk memudarkannya, tapi aku percaya dengan perawatan rutin perlahan akan kembali ke sedia kala.


Update kondisi wajahku sekarang oktober 2018, berkas hitam mulai memudar jadi merah muda






Disclaimer: hasil  produk ke setiap orang berbeda ya, saya disini hanya berdasarkan pengalaman pribadi

Komentar